Tari Barong

Tari Barong merupakan tarian khas Bali dari harta budaya Pra – Hindu . Tarian ini menggambarkan pertempuran antara kebajikan ( dharma ) dan kejahatan ( adharma ) . Menjadi bertindak berdasarkan Barong , para penari dengan kostum binatang berkaki empat , sedangkan manifestasi kejahatan dimainkan oleh Rangda , sosok menyeramkan dengan dua taring runcing di mulutnya , Ada beberapa jenis yang biasa ditampilkan Tari Barong di Bali . Diantaranya Barong Ket , Barong Bangkal ( babi ) , Barong Macan ( harimau ) , Barong Landung . Namun, di antara jenis-jenis Barong yang paling sering memperlakukan turis adalah Barong Ket atau Barong Keket yang memiliki kostum dan tarian cukup lengkap , Barong Ket kostum umumnya menggambarkan perpaduan antara singa , harimau , dan sapi . Dalam tubuh dihiasi dengan ornamen dari kulit , potongan-potongan kaca cermin , dan juga dilengkapi bulu dari serat daun pandan . Barong ini dimainkan oleh dua penari ( Juru Saluk / interpreter bapang ) : penari mengambil posisi di depan gerakan memainkan Barong kepala dan kaki depan , sementara penari kedua berada di belakang kaki belakang dan ekor memainkan Barong , Pada pandangan pertama, Barong Ket tidak jauh berbeda dengan Tari Singa yang biasa dilakukan oleh masyarakat Tionghoa . Hanya saja , cerita yang dimainkan dalam pertunjukan ini berbeda , yaitu cerita pertarungan antara Barong dan Rangda yang dilengkapi dengan tokoh-tokoh lainnya , seperti Kera ( sahabat Barong ) , Dewi Kunti , Sadewa ( anak Kunti ) , dan pengikut Rangda.

Macam-macam Tari Barong:

Barong Ket:barong

Barong Ket atau Barong Keket tari adalah yang paling banyak tersedia di Bali dan paling sering dilakukan dan memiliki sebuah perkumpulan gerak tari selesai. Bentuknya, Barong Ket merupakan perpaduan antara singa, harimau, sapi atau boma. Barong Badan dihiasi dengan ukiran yang terbuat dari kulit, ditempelkan kaca cermin berkilau dan bulu yang terbuat dari perasok (serat dari daun tanaman yang mirip dengan pandan), serat atau bulu burung gagak.

sehingga tari barong adalah tentang pertempuran baik (Barong) melawan kejahatan (Rangda), tari barong diadakan setiap pagi di 9:30 sampai 10:30 am yang bertempat di desa Batubulan, Gianyar

Barong Bangkung:

Bangkung adalah babi besar yang berarti usianya tua, sehingga menyerupai Barong atau bangkung, Barong juga disebut Babi atau Barong Bangkung. Umumnya dipentaskan di sekitar desa (ngelelawang) oleh dua orang penari pada hari-hari tertentu yang dianggap keramat atau saat wabah menyerang desa tanpa membawa drama dan disertai dengan gamelan batel / tetamburan

Barong Macan:

Seperti namanya, itu menyerupai harimau Barong dan jenis barong terkenal di kalangan masyarakat Bali. Dilakukan dengan berkeliling desa dan kadang-kadang dilengkapi dengan semacam taridrama Arja dan disertai dengan gamelan batel.

Leave a comment